Sunday, November 15, 2009

PostHeaderIcon Bukan Fiksi Belaka


Jonne Rowling, alias JK Rowling, memang jagoan membuat cerita fiksi! Bahkan detil yang paling tidak penting diraciknya menjadi bagian cerita yang menarik demi memanjakan imajinasi pembacanya! Itu juga berkat kepintaranya dalam mengkombinasi kenyataan dengan bumbu – bumbu fantasi. Ini dia  contohnya!
Invisibility Cloak
Dalam cerita…..Harry menggunakan jubah gaib pemberian ayahnya, James Potter, yang membuat pemakainya tidak terlihat, untuk bersembunyi dan berpetualangn tanpa sepengetahuan orang lain.
Kenyataanya…..jubah semacam ini bukan cuma eksis dalam khayalan kita semata! Sejumlah peneliti di inggris dan Amerika Serikat tengah memeras otak untuk membuat ‘ jubah gaib ‘ ini. Cumin bedanya, mereka berencana membuatnya dari bahan sintetis, bukan dengan bantuan sihir ala Hogwarts. Nader Engheta, seorang professor di University of Pennsylvania, mengaku menggunakan materi baru bernama metamaterial untuk proyeknya ini. Teorinya, jubah yang terbuat dari bahan ini, dengan disain yang spesifik, tidak akan memantulkan cahaya ataupun membuat bayangan. Seperti arus air yang menyelimuti batu besar di sebuah sungai, cahaya dan segala bentuk radiasi elektromagnetik lain yang mengenai jubah ini hanya akan melayang di sekitarnya, terus mengalir seperti tidak mengenai apa – apa. Ini bakal membuat kita bisa memandang menembus jubah itu, dan tidak melihat apapun yang tersembunyi di dalamnya. Namun, berhubungan materi teknologi baru ini di sinyalir bakal cukup berat dan tidak setipis  kain, jadi kayaknya agak sulit memakainya untuk sehari – hari.
Hedwig
Dalam cerita….burung hantu umum digunakan masyarakat sihir, terutama untuk mengirim berita dan mengantar barang, seperti merpati pos. Di buku pertamanya, terkisah Hagrid menghadiahkan seekor burung hantu betina jenis snow owl pada Harry untuk dipelihara, yang kemudian diberi nama Hedwig.
Kenyataannya…. burung hantu sebenarnya kurang ok untuk dipelihara, karena mereka membutuhkan banyak ruang untk terbang dan berburu hewan makanan. Jadi, kita yang mengaku sayang pada hewan unik ini, pasti engga tega untuk mengurungnya dalm kandang di kamar! Dan, kalau dalm cerita Hedwig adalahseekor burung hantu betina, dalam film, Hadwig yang berbulu sepolos salju sebenarnya diperankan seekor pejantan. Memang biasanya memiliki bulu serba putih, sementara pada sayap dan dada yang betina cenderung terdapat bulu – bulu gelap.                

0 comments:

Post a Comment

Translate

MP3

About Me

My Photo
Anisa Dina
Tangerang, Banten, Indonesia
^_^
View my complete profile
free counters

My Twitter

My Plurk